Senin, 31 Desember 2018

Pengertian Pemasaran

Pemamasukan ialah konsep menyeluruh yang menyangkut aneka macam aktivitas pemamasukan yang tercakup dalam satu sistem pemamasukan. Pemamasukan ialah salah satu aktivitas pokok yang dilakukan oleh pengusaha dalam usaspesialuntuk untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berekembang dan mendapat laba. Pemamasukan ialah proses yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan impian konsumen.

1 Philip Kotler
“Pemamasukan ialah proses sosial dan managerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. (Kotler, 1986 : 5)”


2. William J. Staton
“Pemamasukan ialah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, memilih harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.” (Stanton, 1986 : 7)

Dari definisi-definisi di atas sanggup di tarik kesimpulan bahwa pemamasukan memiliki arti sebagai diberikut:
  1. Pemamasukan ialah suatu proses yang dilakukan individu maupun kelompok. 
  2. Adanya proses pertukaran arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen. 
  3. Adanya impian dan kebutuhan insan yang harus dipuaskan oleh aktivitas insan lain yang menghasilkan alat pemuas tersebut yang berupa produk barang dan jasa.
  4. Pemamasukan ialah suatu aktivitas yang terintegrasi secara dinamis, dalam arti bahwa pemamasukan ialah hasil dari aneka macam macam kegiatan.  
Memilih dan melakukan aktivitas pemamasukan yang sanggup memmenolong dalam pencapaian tujuan perusahaan serta menyesuaikan diri dengan lingkungan ialah ialah tujuan seorang manajer pemamasukan. Manajemen pemamasukan memiliki proses untuk mempengaruhi tingkat, jangkauan waktu dan komposisi undangan dengan cara sampai memmenolong perusahaan mencapai samasukannya.
Philip Kotler mendefinisikan administrasi pemamasukan sebagai diberikut:
“Manajemen pemamasukan ialah analisis, perencanaan, penerapan dan pengawasan terhadap agenda yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar samasukan dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. (Kotler, 1986;20)”

Dari definisi tersebut sanggup diketahui bahwa fungsi administrasi pemamasukan mencakup beberapa aspek proses yang melibatkan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan tersebut bertujuan mengakibatkan pertukaran yang diinginkan, baik yang menyangkut kebutuhan psikologi, sosial dan kebudayaan yang sanggup diadaptasi dengan sikap dan sikap konsumen.

0 komentar

Posting Komentar